Selasa, 15 Februari 2011

Wisata (kuliner) Pindang Gombyang Muara Karangsong



Jika anda berkunjung ke Indramayu, atau kebetulan melewati Indramayu, luangkan waktu untuk berburu kuliner unik khas pesisir Indramayu. Ditambah lagi, anda akan menikmati suasana khas wilayah muara sungai khas pesisir pantai.
Mampir saja ke kedai “Ananda Lesehan”, sebuah kedai makan di pinggiran sungai Karangsong Pindang Gombyang, merupakan satu jenis masakan yang disajikan di sebuah tempat makan yang terletak di Muara Karangsong, utara kota Indramayu. Selain menyajikan makanan yang lezat, perjalanan ke lokasi pun memberikan warna tersendiri.
Dalam perjalanan menuju Muara Karangsong, tengoklah di bantaran sungainya, anda akan menjumpai banyak perahu-perahu nelayan yang sedang berlabuh. Sebagian teronggok tak terurus. Bahkan, jika beruntung anda juga akan menjumpai proses pembuatan perahu-perahu baru yang sedang dikerjakan oleh para seniman pembuat perahu.


dalam keadaan setelah hujan, jalan menuju muara cukup membutuhkan usaha keras jika anda menggunakan mobil (apalagi jenis sedan). Off road, itulah perumpamaan yang cukup tepat.
Tak jarang dijumpai perahu-perahu yang baru pulang dari berlayar. tak sampai 10 menit, lokasi yang dituju sudah terlihat.



Ya, itulah “Ananda Lesehan’. Dengan konsep penyajian secara lesehan, dan memampangkan dengan jelas masakan andalannya, yaitu Pindang Gombyang. Baik, inilah penampakan Pindang Gomynag yang dimaksud:


Pindang Gombyang merupakan masakan olahan hasil laut berupa Ikan Manyung. Disajikan dengan kuah berwarna kuning. Lebih mantap jika yang disajikan adalah kepala ikannya, karena lemak pada kulit kepala ikan menghadirkan nuansa gurih yang kental. Selain menu andalannya itu, kedai ini juga menyajikan berbagai masakan olahan hasil laut lain, seperti ikan bakar, udang, cumi, dan lainnya. Tentu saja dengan kualitas rasa yang sungguh lezat.
Jadi, luangkanlah waktu sejenak untuk merasakan kelezatan salah satu kuliner khas pesisir Indramayu ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar