Powered By Blogger

Selasa, 15 Februari 2011


Kabupaten Indramayu, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Indramayu. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang, serta Kabupaten Subang di barat.

Kabupaten Indramayu terdiri atas 31 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 313desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Indramayu, yang berada di pesisir Laut Jawa.

Indramayu dilintasi jalur pantura, yakni salah satu jalur terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik. Kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan stasiun terbesar di Jatibarang.

Penduduk Indramayu di wilayah pesisir pada umumnya menggunakan Bahasa Indramayu Mirip Dialek Cirebon pada kehidupan sehari-hari, dan mereka menyebutnya dialek Dermayon. Sedangkan di bagian selatan, menggunakan Bahasa Sunda.


Dengan luas wilayah 2.040,11 Km2, Kabupaten Indramayu merupakan sebuah wilayah administratif yang luas. Agar pembangunan dapat dirasakan secara merata maka diperlukan aparat pemerintahan yang membuat perencanaan dan melaksanakan pembangunan. Selain aparat pemerintahan, peran aktif masyarakat adalah roda penggerak pembangunan. Dengan kinerja aparat pemerintahan yang baik diharapkan pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Pemerintahan
Kabupaten Indramayu saat ini memilik desa sebanyak 302 desa dan 8 kelurahan. Desa/Kelurahan tersebut tersebar di 31 Kecamatan, dimana pada tahun 2005 telah terjadi pemekaran wilayah yang menghasilkan 3 Kecamatan baru, yaitu Kecamatan Tukdana, Pasekan dan Patrol. Adapun batas wilayah Kabupaten Indramayu adalah sebagai berikut : Sebelah Utara : Laut Jawa Sebelah Selatan : Kabupaten Majalengka, Sumedang dan Cirebon Sebelah Barat : Kabupaten Subang Sebelah Timur : Laut Jawa dan Kabupaten Cirebon Struktur Organisasi Pemerintah Kabupaten Indramayu terdiri dari 2 Sekretariat, 3 Badan, 17 Dinas, 9 Kantor, 31 Kantor Kecamatan dan 8 Kantor Kelurahan. Jumlah pegawai negeri yang berada di bawah struktur otonomi daerah Pemerintah Kabupaten Indramayu sebanyak 9.519 orang. Jika dilihat dari Golongan Ruang Pegawai Negeri yang berada di Kabupaten Indramayu terdiri dari 134 pegawai golongan I, 1.568 pegawai golongan II, 4.112 pegawai golongan III dan 3.705 pegawai golongan IV. Sedang bila dilihat dari jabatan struktural/eselon tercatat sebanyak 697 pegawai menduduki jabatan struktural dari eselon II A sampai eselon IV B.

DPRD Kabupaten Indramayu masa bhakti 2004–2009 terdiri atas 4 fraksi dan 4 komisi dengan jumlah anggota dewan keseluruhan sebanyak 45 orang.
Di tahun 2006 produk Peraturan daerah yang dihasilkan DPRD maupun Keputusan Ketua DPRD Kab Indramayu mengalami perubahan dari 13 Keputusan DPRD dan 32 Keputusan Ketua DPRD di tahun 2005 menjadi 26 keputusan DPRD dan 24 Keputusan Ketua DPRD di tahun 2006. Walaupun tidak menunjukkan kinerja anggota dewan, frekuensi rapat anggota dewan selama tahun 2006 tercatat sebanyak 50 rapat paripurna, 53 rapat kerja, 158 rapat komisi dengan 3 kali reses dan 95 kunjungan kerja. Kunjungan kerja mengalami kenaikan dari 53 kali kunjungan kerja di tahun 2005 menjadi 95 kali kunjungan kerja di tahun 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar